7 Siklus Proses Payroll

Tentang HRD - Siklus Proses Payroll

Administrasi penggajian atau payroll adalah pekerjaan rutin dan merupakan salah satu bagian terpenting dalam perusahaan. Proses menghitung gaji harus dapat dilakukan dengan cepat, tepat, dan akurat. Untuk dapat melakukan proses payroll yang baik diperlukan pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif tentang administrasi penggajian. Administrasi penggajian harus sesuai dengan hukum dan perundang-undangan yang berlaku seperti UU Tenaga Kerja, perpajakan, BPJS, dan hal lain yang menunjukkan profesionalitas perusahaan. Untuk itu, orang yang bekerja dalam bidang HRD Payroll dituntut mampu melaksanakan proses administrasi penggajian mulai dari pemahaman terhadap konsep penggajian, proses menghitung gaji, dan pembuatan laporan penggajian.

Aktivitas Siklus Payroll (Penggajian)
web.bimasakti-it.com/payroll.php
Siklus Penggajian
HRD payroll merupakan kumpulan aktivitas yang berulang, dan operasional pemrosesan data berhubungan dengan manajemen perusahaan. Payroll adalah sebuah metode untuk mengatur pendapatan karyawan di dalam sebuah organisasi. Berikut aktivitas yang terdapat dalam proses payroll:

1. Update File Master Payroll
Aktivitas ini menunjukan perubahan seperti pengangkatan karyawan baru, penghentian, perubahan dalam tingkat gaji atau perubahan dalam struktur penggajian. Perubahan komponen penggajian dilakukan secara teratur agar pada periode pembayaran selanjutnya terbayarkan dengan benar.

2. Update Tingkat Pajak dan Pengurangan Lainnya
Aktivitas ini melibatkan update informasi tentang tingkat pajak dan pengurangan lainnya dari berbagai unit pemerintah dan perusahaan asuransi.

3. Validasi Kehadiran
Informasi ini mempunyai berbagai bentuk, bergantung pada status seorang karyawan.

4. Menyiapkan Penggajian
Terdapat beberapa acuan baku di dalam menghitung gaji karyawan. Pertama, data tentang jam kerja disediakan oleh departemen dimana karyawan bekerja. Kedua, informasi gaji diperoleh dari file master payroll. Dan ketiga, orang yang bertanggung jawab untuk menyiapkan pembayaran gaji tidak dapat menambah rekord baru pada file ini.

5. Membayar Gaji
Aktivitas ini melakukan penyerahan payroll kepada karyawan. Penyerahan payroll kepada karyawan dapat dilakkan secara tunai atau melalui rekening karyawan di bank.

6. Menghitung Tunjangan dan Pajak yang sudah dibayarkan oleh Perusahaan. 
Premi atas asuransi kesehatan, kecelakaan kerja, dan lainnya untuk karyawan, ada yang dibayarkan oleh perusahaan.

7. Pembayaran Pajak Penggajian dan Pengurangan Lainnya
Aktivitas terakhir ini melakukan pembayaran utang pajak penggajian dan pengurangan lainnya yang dikenakan pada setiap karyawan. Organisasi ini harus menyiapkan tunai atau melakukan transfer elektronik secara periodik untuk membayar berbagai utang pajak yang muncul.

Demikian 7 siklus dalam proses payroll yang akan terus dikerjakan oleh bagian HRD, mungkin akan terasa repot jika harus dikerjakan secara manual. Rata-rata perusahaan banyak menggunakan aplikasi payroll untuk melakukan siklus proses payroll.

Berbicara tentang aplikasi payroll untuk perusahaan, tersedia aplikasi payroll yang banyak digunakan perusahaan karena fiturnya yang mencakup 7 siklus proses payroll, ditambah fitur lainnya yang terkait dengan kebijakan perusahaan. Software payroll ini cukup lengkap. Aplikasi payroll ini ditawarkan kepada rekan-rekan oleh PT. BimaSakti-IT agar menjadi solusi bagi rekan-rekan yang masih bertarung dengan waktu berhari-hari karena menggunakan cara manual di dalam proses penggajian karyawan.

Untuk tau apa saja kelengkapan fitur dalam aplikasi payroll PT. Bimasakti- IT, silahkan klik disini.
×
Judul