Tugas Pokok Dan Peran Penting Manager HRD

Tentang HRD : Tugas Pokok Dan Peran Penting Manager HRD Dalam Departemen HRD

Secara umum banyak orang yang menganggap bahwa departemen atau bidang HRD dalam sebuah organisasi atau sebuah perusahaan adalah sebuah departemen yang lebih banyak mengurusi masalah perekrutan. Namun sesungguhnya tugas dari departemen ini terutama tugas dari manajernya tidak sesederhana itu.

Tugas manajer HRD sendiri lebih pada kewajiban untuk memimpin dan menuntun departemen mereka untuk bisa memberikan kemampuan maksimal dari SDM yang ada untuk perusahaan tempat mereka bekerja.

Bisa dikatakan bahwa ruang lingkup kerja dari seorang manajer HRD adalah melakukan segala hal yang berkaitan dengan pemeliharaan dan pemaksimalan SDM mulai dari tahap awal berupa perencanaan, implementasi hingga masa evaluasi. Segala praktek dan kebijakan yang berkaitan dengan SDM juga masuk dalam ruang lingkup kerja seorang manajer.

Tugas dan Tanggung Jawab Manajer HRD

Tugas HRD web.bimasakti-it.com/payroll.php
Tugas HRD
Untuk bisa lebih memahami luasnya tugas  itu sendiri, ada baiknya kita melihat secara lebih rinci tugas seperti apa dan tanggung jawab seperti apa yang harus dilaksanakan oleh manajer HRD, yaitu:

  1. Mempertahankan struktur kerja yang sudah ada dengan selalu melakukan pembaharuan terhadap deskripsi pekerjaan pada setiap jabatan.
  2. Mengurusi segala hal yang ada kaitannya dengan para karyawan atau para pekerja, yang meliputi tingkat kedisiplinan, tingkat kehadiran dan juga mengurusi perihal karyawan yang sakit atau sedang mengalami musibah. Selain itu, seorang manajer HRD juga perlu melakukan evaluasi dan pengukuran terhadap tingkat kepuasan para karyawan dan mengidentifikasi area yang membutuhkan peningkatan
  3. Mempertahankan struktur kerja dan staff yang ada dengan melakukan proses rekruitmen, wawancara, pemilihan kandidat karyawan yang tepat atau bisa juga dengan melakukan perputaran tanggung jawab. Menyiapkan para karyawan baru sebelum mulai melakukan pekerjaannya, dengan cara memberikan orientasi dan pengarahan awal, menyediakan tuntunan yang ditunjukan untuk proses pengembangan diri dan seluruh anggota team. Merencanakan pelaksanaan training yang sesuai dengan hasil evaluasi yang telah dilakukan. Training ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dari para karyawan dalam bidang apapun.
  4. Melakukan analisa terhadap segala kebijakan dan prosedur yang hendaknya sesuai dengan hukum ketenagakerjaan yang berlaku dan memastikan bahwa semua jajaran terutama jajaran eksekutif mengetahui bila ada perubahan dalam hukum ini.
  5. Mempertahankan struktur pembayaran atau penggajian kepada para karyawan yang perlu dilihat dari berbagai aspek misalnya saja hasil evaluasi kinerja karyawan, mempersiapkan budget yang akan dipergunakan untuk proses penggajian / proses payroll, memberikan rekomendasi bila ada hal yang dirasa perlu dirubah serta mengimplementasikan perubahan dalam sistem penggajian / sistem payroll
  6. Melakukan perencanaan dalam hal monitoring kinerja karyawan yang bisa ditindaklanjuti dengan tindakan yang paling tepat mulai dari tindakan pendisiplinan, melakukan konseling dan juga mencoba membantu dalam penyelesaian masalah yang dihadapi karyawan. Membuat dokumentasi yang tersusun rapi mengenai segala hal yang berkaitan dengan SDM baik yang terjadi di masa lalu dan masa sekarang, wajib untuk terus-menerus menambah pengetahuan mengenai dunia SDM baik dengan bergabung dalam organisasi SDM profesional ataupun mengikuti berbagai pelatihan dan seminar yang berkaitan erat dengan SDM
  7. Mengurusi segala hal yang berkaitan dengan karyawan terutama dalam hal kesejahteraan yang bukan hanya meliputi gaji namun juga bentuk kompensasi yang lain misalnya saja pemberian asuransi.

Kualifikasi dan Skill untuk Menjadi Manajer HRD

Bisa dilihat bahwa tugas manajer HRD memang meliputi begitu banyak hal. Oleh karena itu, tidak heran bila seseorang yang akan menjadi manajer HRD harus memiliki kualifikasi dan skill atau keahlian tersendiri sehingga mereka bisa menjalankan tugas mereka dengan semaksimal mungkin. Skill dan kualifikasi yang dituntut untuk dimiliki oleh seorang calon manajer ini adalah:
  • Memiliki pengetahuan dalam hal rekruitmen
  • Memahami hal-hal yang berkaitan dengan tekhnik manajemen SDM
  • Paham akan hukum ketenagakerjaan
  • Pemahaman mendalam mengenai struktur pemberian gaji dan juga kompensasi
  • Kemampuan komunikasi yang baik yang sangat dibutuhkan bukan hanya dalam proses komunikasi dengan para karyawan namun juga untuk proses komunikasi yang berkaitan dengan permasalahan hukum
  • Pengetahuan mengenai deskripsi pekerjaan serta cara mengaktegorisasikan pekerjaan
  • Mendukung akan keberagaman dalam berbagai hal yang menyangkut tenaga kerja yang dipekerjakan mulai dari perbedaan jenis kelamin, suku, ras dan agama serta mampu menjembatani perbedaan yang ada di antara karyawan
  • Mampu menjalin hubungan baik dalam waktu singkat dengan para anggota team yang lain
  • Memiliki pengalaman dalam hal-hal yang ada kaitannya dengan permasalahan SDM
  • Memiliki kemampuan untuk memberikan saran yang berkaitan erat dengan bidang manajemen dan pengembangan SDM yang ada di perusahaan tersebut

Kesimpulan

Secara umum bisa dikatakan bahwa tugas manajer HRD meliputi 4 aspek di dalam upaya manajemen SDM, yaitu:
  • Aspek kompensasi dan manfaat untuk para karyawan yang diterima dalam berbagai bentuk baik tunai maupun non tunai
  • Aspek pelatihan dan pengembangan kemampuan SDM yang akan memberikan manfaat bukan hanya bagi perkembangan individu namun juga perkembangan perusahaan
  • Aspek rekruitmen dan seleksi, sebagai langkah awal dalam upaya mendapatkan SDM yang tepat untuk jabatan yang tepat demi kemajuan dari organisasi atau perusahaan itu sendiri
  • Aspek hubungan tenaga kerja yang mengatur hubungan antara pimpinan dan karyawan ataupun sesama karyawan itu sendiri.
Dengan begitu besar tanggung jawab yang diemban, maka tidak heran bila seorang manajer HRD biasanya memiliki anggota team yang cukup banyak pula, untuk memastikan bahwa semua tanggung jawab tadi bisa diselesaikan dengan baik.
×
Judul